Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Tanpa Tool Untuk Konten SEO

Riset Keyword adalah hal yang sangat pentng di lakukan sebelum membuat sebuah konten yang berkualitas. Cara riset keyword bisa menggunkan tool gratis, tool untuk riset keyword gratis banyak tersedia di internet. Selain riset keyword dengan tool ada juga cara riset keyword tanpa tool.
Cara Riset Keyword, kata kunci

Riset keyword sangat berguna untuk menganalisa persaingan, jika membuat konten tanpa menganalisa persaingan dan Anda berharap bisa langsung page one menurut saya itu mustahil, jika ada yang asal nulis dan bisa page one mungkin itu hoki karena persainganya pas pasan persaingan yang rendah.

Belajar cara riset kata kunci sangat berguna untuk melihat persaingan untuk mendapatkan posisi terbaik Google (Halaman Pertama).

Seperti yang saya bilang cara riset keyword ada dua metode, cara riset keyword pertama dengan tool gratis dan cara riset keyword kedua tanpa tool. Nah pada kesempatan ini saya akan berikan tutorial cara riset keyword tanpa tool.

Cara riset keyword tanpa tool bisa Anda gunkan jika ingin riset keyword sekaligus melihat konten pesaing.

Dari pada penasaran saya mulai saja totorialnya cara riset keyword tanpa tool untuk Optimasi Konten SEO.

Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Tanpa Tool Untuk Optimasi Konten SEO

Berikit langkah-langkahnya.

Langkah 1: Ketik Beberapa Kata Untuk Keyword di Pencarian Google

Hal pertama yang harus di lakukan adalah mengetik beberapa kata untuk keyword yang akan di analisa oleh Anda, contoh seperti gambar di bawah.

cara riset kata kunci tanpa tool

Catat kata kunci yang akan Anda analisa tingkat persainganya, atau bisa catat semuanya juga jika perlu. Tapi ingat mana yang akan di pakai sebagai kata kunci utama. Disini saya akan gunkan kata kunci "cara optimasi gambar".

Kata kunci tersebut saya belum tau tingkat persainganya, nah bagaimana cara melihat tingkat persaingannya?

Langkah 2: Cara Melihat Tingkat Persaingan Dengan Strategi allintitle

Melihat tingkat persaingan dalam dunia SEO sangat wajib, jika persaingan besar mustahil bagi blog baru bisa masuk di halaman terbaik Google.

Teknik sederhana untuk melihat tingkat persaingan adalah menggunakan strategi "allintitle". Fungsi dari allintitle adalah untuk melihat hasil yang tepat sesuai frasa kata kunci yang di cari.

Bagaimana cara menggunakan strategi allintitle itu?

Cara menggunkan strategi allintitle sangat mudah sekali, Anda tinggal mengetikan kata kunci dan di depanya tambahkan allintitle: (allintitle:kata kunci).

Contoh seperti gambar di bawah.

Cara Melihat Tingkat Persaingan Dengan Strategi allintitle

Yang ditunjuk panah adalah tingkat persaing yang tepat dengan frasa kata kunci yang di ketikan.

Lalu bagaimana jika tidak menggunkan strategi allintitle?

Jika tidak menggunakan strategi allintitle hasilnya belum tentu tepat karena mungkin blog yang sudah memiliki otoritas besar ikut terindex dengan frasa kata kunci yang di cari walau hasilnya tidak relevan.

Bukan itu saja biasanya jika kata kuncinya mengandung produka atau jasa, iklan adwords juga terindex, nah jika menggunkan strategi allintitle semua itu akan terfilter semua.

Lihat jika tidak menggunkan allintitle!

cara riset kata kunci

Tuh lihat tingkat persainganya hampir 1 jt, itu adalah persaingan yang belum tentu sesuai dengan frasa kata kunci yang di ketikan.

Oke. kembali lagi ke kata kunci dengan persaingan yang rendah yaitu kata kunci "cara optimasi gambar=403".

Nah mungkin Anda berpikir akan menggunkan kata kunci utama saja untuk judul, contoh:

"Cara Pptimais Gambar dengan benar untuk konten"

Tapi menurut saya kata kunci seperti itu kurang jitu untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Karena hanya unggu di 1 poin saja.

Terus bagaimana cara agar unggu di beberapa poin lagi?

Caranya cukup mudah sekali Anda tinggal menggunkan 3-4 kata kunci dalam 1 judul.

Kok bisa, bagaimana caranya?

Anda tinggal analisa 3-4 kata kunci turunannya, jika kata kunci memiliki persaingan yang rendah gabungkan menjadi 1 judul.

Saya masih bingung gan, bisa di jelaskan lagi?

Oke... lanjut simak ya...

Langkah 3: Cara Menggabungkan 3 - 4 Kata Kunci di 1 Judul


Untuk menggabungkan kata kunci Anda wajib menganalisa terlebih dulu jangan sampai Anda buat kata kunci tapi sia sia.

Untuk kata kunci yang akan di gabung, gunakan kata kunci turunan atau LSI.

Pertama Anda ketik kata kunci utama contoh "cara optimasi gambar" kemudian scroll ke bawah dan lihat.

cara riset kata kunci turunan
Ini adalah kata kunci yang bisa Anda analisa tingkat persainganya untuk nanti digunakan.

Analisa semua kata kunci tersebut dengan strategi "allintitle" kemudian catat di notepad beserta persainganya.

cara riset kata kunci turunan

Seperti pada gambar di atas saya sudah menggabungkan beberapa kata kunci turunan yang sudah di analisa.

Tingkat persainganya cukup renda dari kata kunci utama jadi sudah saya putuskan untuk menggunakanya.

Sekarang Anda coba untuk menggabungkan kata kunci di judul, pastikan judulnya bisa membuat orang tertarik untuk mengkliknya. Dan catatan hasil analisa tersebut jangan dulu di hapus karena akan di gunakan nanti di dalam konten.

Perhatikan!!!

Saat membuat konten jangan terlalu fokus ke kata kunci yang membuat isi konten Anda gak jelas.

Buat konten yang berkualitas tapi terdapat kata kunci uatama dan turunan di dalamnya tanpa mempengaruhi isi konten.

Karena terkadang Anda menulis konten dan terlalu fokus dengan kata kuci sehingga isi artikel gak jelas sampai sampai orang malas membacanya karena banyak kalimat (Kata Kunci) yang di ulang ulang.

Buat konten yang berkualitas melebihi konten pesaing di halaman pertama Google.

Contoh:

Jika pesaing konten A berisi tentang pengerti dan konten B berisi tentang  manfaat dan konten C berisi tentang tutorial maka konten Anda harus berisi tentang pengertian, manfaat sekaligus tutorialnya.

Tentu orang akan membaca konten yang lengkap (Berkualitas).
×

Untuk hal optimasi konten SEO lainya silahkan cek disini.

Baca Juga: "Cara Menyebarkan Kata Kunci Utama Pada Paragraf Awal"

Penutup...

Itulah cara riset keyword atau kata kunci tanda tool untuk membuat judul dan isi konten lebih optimasi untuk mendapatkan peringkat terbaik di google.

Pahami dan jangan malas untuk mempraktikkannya, ingat analisa dulu sebelum membuat konten.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang atas pengertian dan perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel