Apa Itu Asuransi? Lengkap Pengertian, Fungsi dan Tujuan, Manfaat Asuransi

Apa Itu Asuransi? Apa Fungsi dan Tujuan Asuransi? Apa Manfaat Asuransi? Mari kita bahas disini dengan detail dan lengkap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Mungkin bagi orang awam, yang baru mendengar tentang asuransi adalah hal yang membingungkan. Asuransi itu banyak macamnya ada Asuransi Pendidikan, Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kendaraan, Asuransi Bisnis dan Asuransi Propertie. Mungkin masih banyak lagi Propertie yang lainya, tapi disini akan saya jelaskan yang sudah disubutkan diatas saja. Apa Itu Asuransi?

Apa Itu Asuransi?
Apa Itu Asuransi? Apa Fungsi dan Tujuan Asuransi? Apa Manfaat Asuransi?

Asuransi adalah perjanjian anatara dua pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat. Istilah diasuransikan biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan.[Sumber]

Kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Apa Fungsi dan Tujuan Asuransi?

Asuransi memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi utama, fungsi tambahan dan fungsi-fungsi lainnya. Berikut adalah penjelasnya.

Fungsi utama, adalah asuransi untuk pengalihan risiko (Risk Transfer), sebagai wadah dana bersama (The Common Pool), dan sebagai mekanisme untuk membuat tiap peserta membayar kontribusi dana dengan adil (Equitable Premiums).

Fungsi tambahan, adalah asuransi untuk melakukan investasi yang berasal dari dana asuransi (Stimulus to Business Enterprise), mencegah terjadinya kerugian (Loss Prevention) dan mengurangi kerugian (Loss Control) berdasarkan rekomendasi surveyor asuransi, sebagai dana kegiatan sosial misalnya santunan orang cacat, janda, yatim (Social Benefits), dan sebagai pembayaran yang diterima tertanggung pada akhir kontrak yang merupakan akumulasi premi ditambah dengan bunga (Savings).

Fungsi lain-lain, adalah asuransi sebagai sumber dana investasi yang berasal dari premi yang disediakan untuk membayar klaim (Investment of Funds) dan Pendapatan Jasa (Invisible Earnings).

Apa Manfaat Asuransi?

Manfaat asuransi berbeda dengan fungsi asuransi tapi masih berhubungan. Manfaat asuransi adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu mendaftar atau memiliki produk asuransi. Manfaat tersebut di antaranya:

1. Memberikan ketenangan. Dengan fungsinya sebagai pengalihan risiko (Risk Transfer), asuransi memberikan memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan kerugian, baik bagi perorangan maupun perusahaan sehingga memberikan rasa percaya diri dan ketenangan menghadapi masa depan.

2. Menjaga stabilitas finansial. Dengan asuransi, perusahaan dapat menjaga kelancaran keuangan perusahaan karena potensi risiko dapat ditanggulangi. Jika terjadi kerugian, pihak asuransi akan memberikan sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran kamu atas suatu kejadian. Begitu juga untuk pribadi, dengan pertanggungan, asuransi membantu agar keseimbangan finansial kamu tak terganggu karena kejadian tak terduga.[Sumber]

Apa Saja Jenis-Jenis Asuransi?

Jenis-jenis asuransi sebenarnya banyak tapi ini yang perlu diketahui, antara lain;

1. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah asuransi yang keberadaannya dianggap sangat penting sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan masyarakat beranggapan bahwa asuransi pendidikan merupakan asuransi cerdas yang dapat menjamin pendidikan yang lebih baik.

2. Asuransi Jiwa

Beberapa orang beranggapan bahwa jenis asuransi jiwa ini sama dengan asurasi kesehatan. Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan Asuransi Jiwa merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan atas kematian seseorang yang tertanggung dengan memberikan keuntungan finansial. Terdapat beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran hanya setelah seseorang meninggal dan ada juga perusahaan yang menyediakan pembayaran sebelum seseorang tersebut meninggal.

3. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang ini cukup populer, dimana asuransi kesehatan adalah sebuah asuransi yang memberikan penanggungan terhadap permasalah kesehatan yang diakibatkan oleh penyakit. Perusahaan asuransi kesehatan ini memberikan pelayaan perawatan kepada anggota asuransinya yang meliputi melindungi dan menanggung pada anggota yang sakit, cacat, cidera, dan hal - hal lainnya yang di akibatkan oleh penyakit atau kecelakaan.

4. Asuransi Kendaraan

Banyak kalangan masyarakat yang memiliki kendaraan atau mobil mewah mengikut sertakan kendaraan pribadinya dengan asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang memberikan layanan asuransi terhadap kendaraan yang mengalami kerusakan, kehilangan, dan lain sebagainya.

5. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis merupakan layanan asuransi yang menjamin pihak yang tertanggung dengan kegiatan bisnis. Ada pun jenis layanan ini meliputi kerusakan, kehilangan, dan kerugian dalam jumlah yang cukup besar namun di sesuaikan dengan kebijakan perusahaan asuransi yang telah disepakati. Asuransi bisnis umumnya dimiliki oleh perusahaan - perusahaan seperti perusahaan manufaktur, jasa, dagang, dan lain sebagainya yang dalam kegiatan bisnisnya memiliki resiko.

6. Asuransi Propertie

Asuransi jenis ini umumnya memberikan pelayanan terhadap pelindungan pemilik rumah dari resiko seperti properti pribadi, kerusakan tempat tinggal, dan kerusakan pada barang - barang pribadi. Layanan asuransi ini termasuk melindungi dan memberikan keringan jika di suatu hari terjadi sebuah kecelakaan pada rumah atau barang yang di tanggungkan seperti kebaran dan lain sebagainya.[Sumber]

Terima Kasih Sudah Berkunjung.

Baca Juga: What Is Insurance?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel